11 Juli 2024

,

Elaborasi Pemahaman Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Meet Elaborasi Modul 1.2 

Elaborasi Pemahaman Modul 1.2 kelompok 7 CGP Angkatan 11 Provinsi Bali diselenggarakan pada Kamis, 11 Juli 2024 dengan instruktur Bpk Yosua Adhipta Nala Yudhistira. Tujuan elaborasi kali ini adalah memberi pemahaman lebih mendalam kepada CGP memahami secara utuh tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak dalam mempelajari modul 1.2. Adapun capaian secara umum modul ini adalah:

  1. Calon Guru Penggerak menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila, nilai-nilai dan peran Guru penggerak dalam dirinya.
  2. Calon Guru Penggerak menjadi teladan dalam menumbuhkembangkan P5 dalam diri murid.

Sedangkan capaian khususnya adalah:

  1. Calan Guru Penggerak mampu memahami bahwa manusia memiliki daya untuk memilih
  2. Memahami pentingnya menumbuhkembangan motivasi intristik
  3. Memahami bagaimana otak bekerja, kebutuhan dasar manusia dan perkembangan psikososial mempengaruhu nilai-nilai tumbuh dalam diri seseorang
  4. Menerapkan nilai-nilai Guru Penggerak dalam kesehariannya
  5. Menjakankan peran Guru Penggerak dalam membawakan perubahan pada ekosistem sekolah

 


Momen yang paling mencerahkan bagi saya pada sesi hari ini adalah  penjelasan Eksplorasi konsep mengenai aksioma teori pilihan yaitu satu-satunya orang yang prilakunya dapat kita kendalikan adalah diri kita sendiri. Pada momen tersebut saya merasa suatu kewajaran jika kita tidak dapat mengendalikan orang lain akan tetapi kita bisa mengajak mereka untuk berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.Sebelumnya saya berpikir menjadi guru penggerak harus mampu menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam Guru Penggerak (Kolaborasi, reflektif, mandiri, inovasi, berpihak pada murid ) dan Peran Guru Penggerak Menjadi pemimpin pembelajaran, Menjadi pemimpin pembelajaran, Menjadi coach bagi guru lain, Menjalin kolaborasi antar guru, Mewujudkan kepemimpinan murid ternyata suatu kewajaran jika ada nilai yang belum mampu  dijalankan secara maksimal oleh Guru Penggerak maka melalui Elaborasi Pemahaman ini, saya memahami apa nilai dan peran yang harus saya tingkatkan dan perbaiki.

Untuk menerapkan pemahaman saya hari ini, maka yang pertama kali akan saya lakukan adalah melakukan anasilis SWOT nilai dan peran yang sudah optimal dan membuat strategi agar tetap eksis serta menulis nilai dan peran yang harus dikembangkan dengan menentukan strategi penguatan.

Itulah elaborasi pemahaman yang saya tangkap dari kegiatan hari ini, kegiatan ditutup oleh instruktur dengan memberi pertanyanan refleksi 4P yang telah saya tuangkan dalam tulisan diatas.

0 comments:

Posting Komentar