15 Juli 2024

,

Koneksi Antar Materi Modul 1.2

 

Koneksi Antar Materi Modul 1.2

Tujuan pembelajaran khusus dari Koneksi Antar Materi Modul 1.2 ini CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P), Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan.

PERISTIWA

Mempelajari dan memahami Modul 1.1 tentang filosofi dan pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah momen penting bagi saya. Di sini saya baru menyadari bahwa tugas guru adalah menuntun kodrat yang ada pada anak, sehingga mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Dalam Pemikiran KHD anak memiliki dua kodrat: kodrat zaman dan kodrat alam. Jika kita sebagai guru mampu memahami kedua kodrat ini, maka tujuan pendidikan dapat dicapai. Guru ibarat petani, memainkan peran yang sangat penting dalam menumbuhkan generasi masa depan. Dedikasi, perhatian, dan usaha yang terus-menerus dari guru akan menghasilkan siswa yang berpengetahuan, berbudi pekerti, dan siap menghadapi tantangan kehidupan.

Dalam modul 1.2 Nilai dan peran guru penggerak, saya mempelajari bahwasanya sebagai Guru Penggerak, kita harus memiliki 5 nilai yaitu: mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Berpihak pada murid berarti guru harus berfokus pada siswa dan membuat desain dan rancangan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Mandiri berarti bahwa guru harus terus belajar untuk meningkatkan kemampuan mereka sendiri; kolaboratif berarti bahwa guru harus dapat bekerja sama dengan orang lain dalam hal pembelajaran dan yang lain; dan inovatif berarti bahwa guru harus selalu mencari cara baru untuk membuat pembelajaran menyenangkan bagi siswa, seperti dengan membuat media pembelajaran yang menarik atau memilih metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas. Reflektif, yaitu guru harus memiliki kemampuan untuk merefleksi atau menilai.

Menurut pemahaman saya, hubungan antara modul 1.1 dan 1.2 menunjukkan bahwa tujuan pendidikan adalah memerdekakan anak dan menuntun mereka sesuai dengan alam mereka. Untuk mencapai tujaun ini, guru harus memiliki 5 Nilai Guru Penggerak: kreatif, berpihak pada murid, bekerja sama, mandiri, dan reflektif. Sebagai guru penggerak, kita memiliki kemampuan untuk memfasilitasi pembelajaran yang berpihak pada siswa sesuai dengan tujuan pendidikan.

PERASAAN

Saat itu terjadi, saya merasa belum bisa menjadi guru yang baik karena belum memahami kodrat anak yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Saya masih terlalu fokus pada ketuntasan materi tanpa memperhatikan minat dan bakat siswa Setelah mempelajari modul 1.1 dan 1.2, saya menjadi sadar bahwa tindakan yang saya lakukan selama ini tidak memenuhi tujuan pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara. Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Kemendikbud untuk Program Guru Penggerak ini, yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk mengikuti PPG sehingga sekarang saya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kita seharusnya bertindak sebagai guru sesuai dengan nilai-nilai guru penggerak.

PEMBELAJARAN

Sebelum peristiwa tersebut terjadi, saya percaya bahwa mengajar adalah proses di mana guru harus memiliki kemampuan untuk memahami apa yang disampaikan kepada siswa. Pembelajaran yang selama ini saya lakukan hanya berfokus siswa mampu menjawab pertanyaan, menuntaskan materi, menggunakan metode pembelajaran yang sama kepada semua siswa.

Setelah mempelajari modul 1.1 dan 1.2, saya akhirnya menjadi sadar bahwa sebagai guru, saya harus benar-benar memahami karakteristik dan kebutuhan siswa saya agar saya dapat melakukan pembelajaran yang bermanfaat bagi mereka. Untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan memenuhi nilai-nilai guru penggerak, saya perlu melakukan banyak perubahan dalam metode pembelajaran.

PENERAPAN

Setelah mempelajari dan memahami nilai dan peran guru penggerak di modul 1.2. ini, saya akan menguatkan nilai-nilai guru penggerak yang saya miliki untuk mendukung peran saya sebagai guru penggerak.

Berpihak pada anak : Melakukan tes diagnostic untuk memfasilitasi murid sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan. Menerapakan pembelajaran yang berdiferensiasi.

  • Mandiri : Mengikuti kegiatan pelatihan (seminar, bimtek, workshop) untuk meningkatkan kompetensi guru, merancang, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran.
  • Reflektif : memanfaatkan hasil supervisi untuk perbaikan pembelajaran, memanfaatkan hasil saran dari rekan teman sejawat.
  • Kolaborasi : Berkonsultasi dengan Kepala Sekolah, berkolaborasi dengan teman sejawat, komite, murid dan wali murid.
  • Inovatif : Membuat modul digital di aplikasi web, Membuat video pembelajaran, melalui youtube menulis buku dan menggunakan tools/aplikasi pembelajaran online/maupun offline

 


 

 

0 comments:

Posting Komentar