08 Juli 2024

,

Ruang Kolaborasi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Ruang kolaborasi sesi 2 CGP Angkatan 11 Kab. Jembrana dilaksanakan pada hari Senin tanggal 8 Juli 2024. Rukol sesi 2 ini adalah Rukol presentasi masing-masing kelompok yang telah mendiskusikan  bagaimana saya dapat berkontribusi dalam merancang SATU kegiatan yang sesuai dengan SATU peran GP yang kelompok pilih dalam upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki oleh masing-masing rekan dalam kelompok saya? 

Kegiatan presentasi pertama dilakukan oleh kelompok 1  yang terdiri dari Pak Gede Darmawan, Pak Komang, Pak Gede Darma dan Ibu Indah dimana Nilai Guru Penggerak yang menonjol adalah Berkolaborasi. Ada hal yang menarik dari nilai kolaborasi yang disampaikaikan oleh Pak Gede Darma Putra yaitu berkolobarasi bersama orangtua siswa yang berperan sebagai guru tamu dalam kegiatan penanaman konsep pelaksanaan P5 dengan tema Kewirausahaan.

Sesi berikutnya kelompok 2 yang terdiri dari anggota Ibu Lucya, Ibu Pitri dan Ibu Ella.  Nilai Guru Penggerak yang diambil adalah Kolaborasi, Berpihak pada murid dan inovatif. Dari kelompok 2 hal yang menarik perhatian saya adalah penggunaan akronim dari kegiatan yang mendukung nilai dan peran guru penggerak masing-masing anggota.

Kelompok berikutnya yaitu kelompok kami yang terdiri dari saya sendiri Rita, Pak Endra dan Bu Yunita yang mana nilai dari masing-masing kelompok yang menonjol kolaborasi, inovatif dan berpihak pada murid dan PERAN masing” ; Menjadi Pemimpin Pembelajaran, Coach bagi guru lain, Kolaborasi dengan guru” Dari ke 3 nillai yang kita unggulkan, yaitu “Pembelajaran yang berpihak pada anak” dengan kegiatan aktivitas “Pembelajaran berdiferensiasi dan inovatif.

Kegiatan Rukol presentasi kali ini sangat seru karena banyak nilai guru penggerak dari CGP yang dapat di amati, ditiru dan dimodifikasi untuk mendukung pembelajaran yang berpihak kepada murid. Rukol kali ini ditutup dengan pertanyaan refeleksi 

Siapa (1 orang) rekan dalam kelompok saya di Ruang Kolaborasi yang menurut saya sudah memiliki satu nilai yang saya masih perlu kembangkan?. Apakah nilai itu?. Dan mengapa itu penting untuk saya dan proses kolaborasi kelompok?. Tuliskan dalam bentuk surat terimakasih dan apresiatif pada rekan tersebut 


Pak Endra Nilai kolaboratif

Bu Yunita Berpihak pada anak

Nilai kolaboratif sangat penting karena dengan kolaborasi akan mudah untuk mencapai tujuan bersama

Nilai berpihak kepada anak sangat penting bagi saya agar siswa mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kodratnya.

Melalui surat ini, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Endra dan  ibu Yunita, karena selama kegiatan ruang kolaborasi kemarin bapak/ibu telah selalu memberikan energi positif, menjembatani diskusi  dalam kelompok dan kegiatan kolaborasi kemarin. Saya berterima kasih atas banyaknya pengalaman yang sudah dibagikan oleh Bapak Endra dan Ibu Yunita walaupun  baru 6 thn mengabdi tpi pnglmn bpk/ibu dpt mmbrkn inspirasi bagi saya.

Saya telah melihat nilai Guru Penggerak yang Bapak Endra dan Ibu  Yunita miliki.

Selama kegiatan diskusi kemarin saya melihat bahwa Bapak Endra saya meihat nilai  kolaboratif melibatkan rekan guru dan berbagai pihak dalam setiap kegiatan. Selama kegiatan diskusi Bapk/ibu  juga berbagi banyak pengalaman untuk dapat saya  adopsi  melakoni peran sebagai pendidik.

Kepada  ibu yunita, saya meneladani nilai guru  Berpihak Pada Murid yang menonjol pada diri ibu. ibu selalu mengusahakan agar murid memperoleh pembelajaran yang bermakna dengan memfasilitasi segala sumber belajar murid, menjadi inspirasi bagi saya.

Semoga kedepannya saya dapat selalu belajar untuk lebih mengembangkan potensi diri demi memberikan pelayanan Pendidikan yang terbaik bagi murid, dan kita semua senantiasa diberikan Kesehatan dalam mengemban tugas kita untuk mencerdaskan anak bangsa.

Salam dan Bahagia,

 

Berikut ini hasil akhir dari Ruang Koalborasi Nilai dan Peran Guru Penggerak dari Kelompok Kami.








0 comments:

Posting Komentar