28 Juni 2024

,

Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

 

Pada kegiatan Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1 peserta ditugaskan untuk mendesain sebuah strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ - dalam sebuah karya (video pendek, komik, lagu, puisi, dll) dan mempublikasikan sebagai wujud pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang peserta praktekkan dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.  Karya ini menjadi sebuah demonstrasi kontekstual bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dikembangkan dan diterapkan di kelas dan sekolah asal peserta.

Dalam Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1 saya membuat infografis tentang Nilai- Nilai Budaya Dalam Pendidikan Holistik. Ki Hajar Dewantara (KHD) adalah tokoh pendidikan Indonesia yang sangat terkenal dengan konsep pendidikan holistiknya. Pendidikan holistik menurut Ki Hajar Dewantara melibatkan pengembangan seluruh aspek kehidupan anak didik, termasuk fisik, mental, dan spiritual. Berikut adalah beberapa prinsip utama pendidikan holistik menurut KHD:

  1. Ki Hajar Dewantara menekankan pentingnya peran tiga pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat
  2. Konsep yang melibatkan pendidikan budi pekerti, kecerdasan, dan keterampilan. Pendidikan harus mengembangkan aspek moral, intelektual, dan praktikal dari setiap individu.
  3. Prinsip ini menekankan bahwa pendidik harus berperan sebagai pembimbing yang mengarahkan, bukan sebagai pemaksa
Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1 Rita Wati


0 comments:

Posting Komentar