27 Juni 2024

,

Elaborasi Pemahaman Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara

 
Kegiatan Elaborasi perdana kami  CGP angkatan 11 Kab. Jembrana diselenggarakan pada hari Kamis, 27 Juni 2024 dengan instruktur Ibu ARNI SUSANTI OKTAVIA yang dimulai pada pukul 15.30 Wita. Kegiatan elaborasi ini bertujuan untuk melatih, membangun kerangka berpikir dan menyampaikan ide serta gagasan berdasarkan pemahaman dan internalisasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) dalam ruang diskusi virtual. 

Dalam forum diskusi virtual, Instruktur memberikan penguatan pemahaman konsep pemikiran filosofis KHD untuk melatih CGP agar lebih saksama memaknai dan menghayati pemikiran KHD dan bagaimana penerapannya pada konteks lokal sosial budaya di daerah.

Pertanyaan pemantik yang diberikan Instruktur

Pertanyaan pemantik berikut dapat CGP renungkan sebelum sesi dimulai:

  1. Bagaimana perwujudan ‘menuntun’ yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Perubahan konkret apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya?
  2. Mengapa Pendidikan perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?
  3. Apa relevansi pemikiran KHD “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan peran saya sebagai pendidik?
  4. Bagaimana gambaran proses pembelajaran yang merefleksikan (mencerminkan) pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)

Pertanyaan ini dijawab melalui padlet https://padlet.com/arnioktavia20/refleksi-elaborasi-pemahaman-modul-1-1-21hs859ag4wkxn3r



 

Kegiatan elaborasi modul 1.1 oleh instruktur ini  bertujuan untuk memperdalam pemahaman Calon Guru Penggerak terhadap Dasar Pendidikan yang telah dituangkan oleh Ki Hajar Dewantara. Kegiatan elaborasi berlangsung  selama 90 menit dan dijalani dengan penuh semangat oleh peserta CGP, PP hal ini terlihat  pada sesi sharing dimana CGP maupun PP menceritakan  praktik baik mereka dalam kegiatan refleksi yang dapat di amati, ditiru maupun dimodifikasi.

 


2 komentar: