27 Juni 2024

,

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 - Penugasan Kelompok

 

Ruang Kolaborasi 1 Modul 1.1

Ruang Kolaborasi Modul 1.1  Pendidikan Guru Penggerak angkatan 11 Kab. Jembrana pertama kali diselenggarakan pada tanggal  21 Juni 2024 dimulai pukul 15.00 s/d 17.15 bersama Fasilitator ibu RAHMAWATI THEOFANI DIAMANTI dan Pengajar Praktik Ibu Ni Putu Trisna Sulistyan dan Pak Eka Juliarta. Dalam kegiatan Rukol ini sebanyak 10 peserta Calon Guru Penggerak (CGP)  dan 2 Pengajar Prakti bergabung berkolaborasi sesama CGP dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat untuk menebalkan laku murid dan menuntun kekuatan kodrat murid yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal (budaya) daerah asal 

  1. Dalam kegiata Rukol 1 pada Modul 1.1 masing-masing kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan 
  2. Apa kekuatan konteks sosio-kultural di daerah Anda yang sejalan dengan pemikiran KHD?
  3. Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan  dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda?

Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di daerah Anda yang dapat diterapkan.

 

Dalam  Rukol ini kelompok kami berdiskusi sambil mengerjakan tugas diskusi pada canva yang dapat diakses secara bersama-sama. Kami memilih budaya makepung sebagai kekuatan konteks sosio kultural daerah yang sejalan dengan pemikiran kHD. Alasan kami memilih makepung karena makepung merupakan sebuah tradisi kaum petani yang kini masih tetap hidup di daerah Jembrana. Adapun makna dari mekepung jika dikaitkan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara untuk memupuk gotong royong, sportivitas, semangat dan selalu gigih untuk mencapai impian.

0 comments:

Posting Komentar