02 Juli 2024

,

Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

 


Pada kegiatan Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 ini, Calon Guru Penggerak mempelajari secara mandiri BAGAIMANA MANUSIA TERGERAK , B. BAGAIMANA MANUSIA MERDEKA BERGERAK, C. BAGAIMANA MENGGERAKKAN MANUSIA: MENUNTUN KEKUATAN KODRAT MANUSIA

tujuan pembelajaran dari modul ini yaitu:

  1. CGP mengetahui hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang
  2. CGP menjelaskan makna Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.
  3. CGP menjelaskan makna nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.
  4. CGP menjelaskan makna peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan.
  5. CGP mengetahui bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.
  6. CGP mengelaborasi makna pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing

 

Tugas A

Setelah menyimak video dan bacaan mengenai bagaimana manusia tergerak, silakan jawab pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana Bapak/Ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? Mengapa demikian?
  2. Menurut Bapak/Ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak? Mengapa demikian?

 

Tugas B

Setelah menyimak materi mengenai bagaimana manusia merdeka bergerak, silakan jawab pertanyaan berikut:

  1. Manakah dari nilai-nilai Guru Penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik?
  2. Tindakan spesifik apa yang dapat dilakukan untuk menguatkan diri Bapak/Ibu sendiri untuk memberdayakan murid dalam memilih jalan kodratnya sekaligus menguatkan tumbuhnya motivasi intrinsik mereka dalam mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila?

Tugas C

Setelah menyimak materi mengenai bagaimana menggerakkan manusia, silakan jawab pertanyaan berikut:

  1. Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan? 
  2. Apa konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak dalam transformasi pendidikan?

 

0 comments:

Posting Komentar