29 Juli 2024

,

Koneksi Antar Materi – Modul 1.3

 


Koneksi Antar Materi – Modul 1.3 ini Calon Guru Penggerak diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

Tujuan Pembelajaran: CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. 

Saya memulai koneksi antar materi modul 1,3 ini dengan mengingat kembali Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara pendidikan yang menuntun anak dimana guru dari depan memberikan teladan, di tengah membangkitkan semangat, dari belakang memberi dorongan. Selain itu ada nilai-nilai yang harus dimiliki dan selalu diterapkan oleh Guru Penggerak yaitu Berpihak Pada Murid, Mandiri, Reflektif, Kolaboartif dan Inovatif.

Selain nilai ada 5 Peran yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak yaitu :

  • Menjadi pemimpin pembelajaran
  • Menjadi coach bagi guru lain
  • Mendorong kolaborasi
  • Mewujudkan kepemimpinan murid
  • Menggerakkan komunitas praktisi

Koneksi materi selanjutnya yaitu Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri dan Inquiry Apresiatif Model manajemen perubahan akronim dari BAGJA. Buat Pertanyaan (Define), Ambil Pelajaran (Discover), Gali Mimpi (Dream), Jabarkan Rencana (Design), Atur Eksekusi (Deliver)

Kaitan Visi Guru Penggerak dengan  Filosofi Ki Hajar Dewantara terdiri dari 2 yaitu :

Tujuan Pendidikan

Menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dari kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia ataupun anggota masyarakat

Visi Guru Penggerak

Dalam menyusun visi, guru harus berfokus pada murid agar mereka dapat berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya

Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila melalui Paradigma IA ( Inkuiri Apresiatif)

Visi seorang guru yang dapat mencerminkan Profil Pelajar Pancasila dapat mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik di lingkungan sekolahnya

Pendekatan IA ( Inkuiri Apresiatif ) merupakan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan positif yang ada di sekolah. Oleh karena itu, untuk dapat menciptakan visi yang berpihak kepada murid maka dapat digunakan pendekatan IA ( Inkuiri Apresiatif ). 

Visi Sebelumnya yang saya buat yaitu

Menjadi sekolah terdepan yang melahirkan generasi unggul, kreatif, inovatif dan berdaya saing melalui pengembangan potensi setiap murid secara optimal dengan memanfaatkan teknologi dalam lingkungan yang inklusif dan berkarakter

Visi Revisi

Terwujudnya generasi berakhlak, unggul, kreatif, mandiri dan berdaya saing global. 

Dengan Prakarsa Perubahan

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi

Koneksi antar materi secara lengkap dapat dilihat melalui tayangan berikut

 


 

0 comments:

Posting Komentar