26 Agustus 2024

,

Mulai dari Diri - Modul 2.1

 


Mulai dari Diri - Modul 2.1 pada modul ini CGP Membuat Refleksi Individu  dengan membayangkan kelas yang saat ini CGP ampu dengan segala keragaman murid-murid dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.

Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

Your answer:

Kelas yang saat ini saya ampu dengan segala keragaman murid Untuk melayai kemampuan murid saya melakukan tes diagnostik awal untuk mengetahui kemampuan yang mereka miliki. Perlakuan  berbeda yang saya lakukan  membuat kelompok kecil dengan kemampuan yang sama untuk memberikan perhatian yang lebih khusus. Dalam  menyajikan materi saya menggunakan  teks, gambar, video, atau simulasi, agar mudah dipahami oleh siswa

 

Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Your answer:

 Tantangan-tantangan yang saya hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid yaitu menyesuaikan metode pengajaran agar semua gaya belajar terakomodasi, menemukan materi yang sesuai untuk semua tingkat kemampuan tanpa membuat siswa yang lebih cepat bosan atau yang lebih lambat merasa tertinggal adalah tantangan tersendiri.

Tindakan-tindakan apa yang telah saya lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Melakukan penilaian awal untuk mengetahui kemampuan, minat, dan gaya belajar masing-masing siswa.

  • Menyediakan berbagai sumber belajar dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
  • Memberikan tugas yang disesuaikan dengan kemampuan dan minat siswa.
  • Menggunakan berbagai metode pengajaran yang menarik dan interaktif.
  • Memanfaatkan berbagai aplikasi pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

·         Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

·         Your answer:

·         Menurut saya, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

·         Yang pertama yaitu menganalisis kebutuhan dengan melakukan tes awal kemudian memilih materi yang relevan dengan kehidupan siswa dan konteks budaya mereka. Menyajikan materi dalam berbagai bentuk (teks, gambar, video, simulasi) untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar.  Mendesain kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Menggunakan berbagai bentuk penilaian (tes tertulis, proyek, presentasi, portofolio) untuk mengukur berbagai aspek kemampuan siswa.

 

0 comments:

Posting Komentar