17 September 2024

,

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional




  1. Peristiwa : 

Dalam melakukan berbagi  praktik Pembelajaran sosial emosiaonal (PSE) kepada rekan sejawat terlihat Bpk/ibu cukup antusias walaupun tanpa disadari mereka sudah pernah menerapkan di dalam kelas hanya saja belum rutin dilakukan serta belum terintegrasi dalam perangkat pembelajaran (RPP). Rekan sejawat yang mendapatkan diseminasi banyak bertanya terkait RPP yang terintegrasi dengan PSE. Pada diseminasi ini saya berusaha mewujudkan Pembelajaran sosial emosianal (PSE) dengan menggunakan kesadaran penuh (mindfulness) demi mewujudkan kesejahtraan sosial (well-being).

  1. Perasan : 

Pada kegiatan berbagi Aksi Nyata ini saya masih dalam tahap belajar, karena sebelum mengikuti PGP ini saya sangat jarang  sekali melakukan kegiatan Pembelajaran Sosial Emosional. Ada kekhawatiran dari saya tidak dapat berbagi secara maksimal. Tapi syukurnya di sekolah kami saat ini ada 7 orang yang mengikuti PGP sehingga kami banyak berdiskusi bagaimana cara terbaik mengintegrasikan PSE kedalam Modul Ajar/ RPP dan berbagi pemahaman tentang PSE kepada rekan sejawat.



  1. Pembelajaran :

Kegiatan berbagi praktik baik/ aksi nyata PSE ini merupakan bentuk pengembangan profesional yang berkelanjutan. Kegiatan berbagi aksi nyata PSE merupakan investasi yang sangat berharga bagi pengembangan profesional guru dan peningkatan kualitas pendidikan. Dengan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung bagi semua siswa. 

Umpan balik yang di dapatkan dari kegiatan ini adalah bagaiman mempratikan kesadaran penuh (mindfulness) kepada rekan-rekan guru sebelum diterapkan kepada murid-murid dalam mengelola sosial emosional menjadi energi positif. Dengan mindfulness melalui teknik STOP kita dapat memfokuskan diri dan menghilangkan kepenatan yang ada dalam diri, sehingga dapat menyerap ketenangan dan energi positif sehingga dapat menstabilkan jiwa dan pikiran

  1. Penerapan :

Saya ingin menerapkan Pembelajaran Sosial Emosional kepada seluruh murid dengan kesadaran penuh (mindfulness) maupun implementasi 5 PSE yang lain dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa mampu mengelola sosial emosionalnya dan menjadi individu yang utuh, tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dengan kesadaran diri, manajemen diri, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

 


0 comments:

Posting Komentar