11 September 2024

,

Aksi Nyata Pembelajaran Berdiferensiasi

 


Aksi Nyata Modul 2.1 ini saya mempraktikan pembelajaran berdiferensiasi Mapel Informatika Kelas 8A dengan menekankan pada diferensiasi proses dan produk hasil belajar. Pembelajaran ini disesuaikan dengan RPP yang telah disusun pada Demonstrasi Kontekstual Modul 2.1 mengenai Dampak Sosial Informatika.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

1)   Siswa melakukan do’a sebelum belajar (Guru meminta seorang Siswa untuk memimpin do’a).

2)   Guru mengecek kehadiran Siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

3)   Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.

4)   Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan melalui proyektor / LCD / Infokus

5)   Guru bertanya kepada siswa mencari informasi tentang dampak positif dan negatif teknologi, khususnya teknologi informasi terhadap produktivitas kepada siswa, sebagai peransang dalam pembelajaran di kelas.

Kegiatan Inti

1.    Guru menjelaskan dampak teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat yang mempengaruhi budaya masyarakat.

2.    Guru dapat menjelaskan dengan menggunakan slide presentasi atau video.

3.    Guru menjelaskan dan mendemokan kolaborasi online di internet, dengan menggunakan salah satu perkakas, yaitu Google Slides atau Google Jamboard.

4.    Guru mengarahkan siswa untuk melaksanakan kegiatan ayo kita diskusikan DSI-K7-01 pada buku siswa dengan membagi siswa dalam kelompok. Kelompok ditetapkan berdasarkan minat siswa pada teknologi yang menjadi topik diskusi. Minat siswa akan bekerja di sektor mana ketika dewasa nanti.

5.      Setelah kelompok terbentuk, guru menjelaskan bagaimana pembagian peran dan tugas dari tiap anggota kelompok sebagai implementasi  kesadaran sosial  dan keterampilan berelasi. Bagaimana menjelaskan diskusi dengan baik, yang dapat menggunakan brainstorming placemat berikut.

6.    Setiap siswa akan berpendapat pada empat kotak dan hasil yang disetujui diletakkan pada lingkaran tengah.

Guru melakukan diferensiasi produk

1.      Hasil yang disepakati selanjutnya dibuatkan resume dalam bentuk poster/presentasi dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri.

2.    Siswa mempresentasikan poster hasil diskusi, guru memberikan umpan balik untuk meluruskan konsep yang tidak tepat.

3.      Murid  memberikan  apresiasi  atas  pekerjaan teman-temannya  dengan  memberikan  saran dan   komentar  menggunakan   kertas   sticky notes       sebagai       bentuk      implementasi.

4.      Murid membuat kesimpulan hasil diskusi yang telah  dilakukan  sebagai  bentuk implementasi.

Penutup

1.      Guru memberikan penguatan kembali tentang dampak teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat yang mempengaruhi budaya masyarakat.

2.      Guru melakukan refleksi pembelajaran  yang sudah berlangsung :

a.       Apa  saja  pelajaran  penting  yang  sudah dipelajari hari ini?

b.      Pada  bagian  mana  yang paling  menarik dan  disukai  pada  pembelajaran  hari  ini? Mengapa?

c.       Tantangan  apa  yang masih  kalian  temui dalam mempelajari materi ini? Bagaimana kamu   akan   berlatih    untuk  mengatasi tantangan tersebut? (Pengelolaan diri)

3.      Murid membuat rangkuman dengan bimbingan guru tentang  hal-hal  penting  dalam  kegiatan pembelajaran  yang berkaitan  dengan  materi yang telah dipelajari.

Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a bersama-sama.

 


0 comments:

Posting Komentar