16 September 2024

,

Demonstrasi Konstektual - Modul 2.2

 


Tugas CGP pada Demonstrasi Konstektual - Modul 2.2 ini yaitu Membuat Rencana Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi murid di Kelas dengan ketentuan:

Tentukan  minimal 2 kompetensi sosial dan emosional  (KSE) yang akan Anda implementasikan. Berikan alasan pemilihan KSE tersebut. 

1)  Kompetensi KSE yang saya implementasikan yaitu  Kesadaran Diri. dalam pembukaan hangat melalui kegiatan “Mengenali Emosi Diri”.  Hal ini bertujuan untuk mengetahui emosi yang dirasakan siswa sebelum memulai pembelajaran.

Langkah kegiatannya yaitu :

·     Guru menyiapkan poster bergambar EMOJI diantaranya ada emosi marah, dicintai, sedih, senang, takut, bersemangat, santai, dan biasa saja. Poster tersebut bisa ditempel di dinding yang gampang dijangkau anak-anak.

·   Guru membagikan Post It kepada siswa dan meminta mereka menuliskan nama mereka pada post it tersebut. Lalu murid menempelkan post it tersebut di poster emoji yang menggambarkan emosi mereka saat ini

2.  KSE ke-2 yang saya terapkan yaitu  dalam pembukaan hangat melalui kegiatan “Mengelola Emosi Diri”  untuk mengelola emosi yang dirasakan agar dapat memahami keadaan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. KSE yang dikembangkan pada kegiatan ini adalah Manajemen Diri. Langkah kegiatannya yaitu :

-   Guru meminta murid berhenti dari aktifitasnya dan guru memandu murid untuk melakukan tehnik STOP sebagai berikut : 

·         Guru mengajak siswa untuk berhenti sejenak dari kegiatan yang dilakukan

·         Guru memandu siswa untuk mengambil nafas sejenak

·   Guru membimbing siswa untuk mengamati  sensasi pada tubuh, pikiran perasaan dan keadaan sekitarnya.

·         Setelah selesai siswa dapat kembali fokus pada kegiatan yang dilakukan 

·         Guru meminta siswa  menuliskan perasaannya setelah kegiatan STOP

 RPP selengkapnya dapat dilihat dibawah ini!


0 comments:

Posting Komentar