09 September 2024

,

Eksplorasi Konsep Modul 2.2

 


2.Memberikan kesempatan pada murid untuk membaca buku pilihannya dalam suasana yang  kondusif

Kesadaran Diri:  dengan memilih sendiri buku pilihan dengan beragam tema dan latar belakang karakter dapat membuka wawasan murid tentang pengetahuan dan informasi yang terdapat dalam buku yang dibacanya

Keterampilan Berelasi:  murid dapat mengenal tokoh-tokoh dalam buku, memahami dan berempati terhadap pengalaman karakter, dan menyusun tema-tema yang relevan dalam cerita.

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab:   mempertimbangkan minat siswa, keterampilan membaca, dan relevansi buku dengan perkembangan pribadi mereka.

 

3.Memberikan kesempatan pada murid untuk merefleksikan proses pembelajaran yang sudah diikuti (Misalnya; apa yang disukai/mudah/menantang /ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya).

Kesadaran Diri: Melalui refleksi, murid diajak untuk lebih menyadari perasaan, kepuasan, dan tantangan yang alami mereka dalam proses pembelajaran.

Kesadaran Sosial: Melalui refleksi,  murid dapat mengenali peran orang lain dalam proses pembelajaran dan memahami bagaimana berkolaborasi secara lebih efektif.

Manajemen Diri: Dengan merefleksikan proses pembelajaran, murid diajak untuk mengelola emosi dan respon mereka terhadap pengalaman belajar..

Keterampilan Berelasi: Saat melakukan refleksi, murid memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan guru dan teman sebaya tentang pengalaman pembelajaran mereka.

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Dengan merefleksikan proses pembelajaran, murid dapat mengambil keputusan tentang apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut dan bagaimana cara mencapai tujuan belajar mereka dengan bertanggung jawab.

 

4.Mengadakan dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial.

Kesadaran Diri: Murid diajak untuk memahami bagaimana penggunaan media sosial dapat mempengaruhi diri mereka sendiri dan orang lain dan etika menggunakan media sosial.

Kesadaran Sosial: . Murid diingatkan untuk menghargai keberagaman pendapat dan menghindari menyebarkan informasi yang tidak merugikan atau merugikan orang lain.

Manajemen Diri: Murid diingatkan untuk berpikir sebelum berbagi konten, menghindari respons impulsif, dan mengatur waktu secara bijaksana dalam menggunakan platform media sosial.

Keterampilan Berelasi: Murid diajak untuk berkomunikasi secara efektif dengan sesama peserta dalam dialog, mendengarkan pendapat orang lain, dan membuka diri terhadap diskusi yang beragam

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid diajak untuk mempertimbangkan dampak dari apa yang mereka bagikan atau lakukan di media sosial.

5.Memberikan isyarat pada murid untuk mengerjakan tugas yang pilihannya terlebih dahulu.

Kesadaran Diri:  Murid dapat mengidentifikasi tugas mana yang lebih disukai atau lebih mudah untuk mereka kerjakan terlebih dahulu, hal ini dapat meningkatkan kesadaran diri mereka sebagai pembelajar.

Kesadaran Sosial:  Murid dapat belajar untuk menghormati pilihannya sendiri dan orang lain sehingga dapat mengembangkan rasa saling pengertian dan toleransi.

Manajemen Diri:  kesempatan untuk mengatur waktu dan prioritas dalam mengerjakan tugas.

Keterampilan Berelasi:  akan menignkatkank Keterampilan berhubungan seperti komunikasi efektif, kolaborasi, dan kemampuan menyelesaikan konflik dapat berkembang dalam proses ini.

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: memiliki pilihan dalam menentukan tugas yang ingin murid kerjakan terlebih dahulu, murid akan terlibat dalam pengambilan keputusan.

6.Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola sebuah kegiatan (literasi, seni dan olahraga, dll.).

Kesadaran Diri: Proses ini akan membantu murid meningkatkan kesadaran diri tentang emosi,  dan kemampuan mereka dalam mengenali bakatnya

Kesadaran Sosial: Mengelola sebuah kegiatan (literasi, seni dan olahraga, dll.)  melibatkan interaksi siswa sehingga meningkatkan kesadaran sosial mereka dan belajar untuk memahami dan menanggapi kebutuhan orang lain dengan lebih baik.

Manajemen Diri: Mengelola kegiatan memerlukan keterampilan manajemen diri. Proses ini akan membantu murid mengembangkan keterampilan pengelolaan diri yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Keterampilan Berelasi: Dalam mengelola kegiatan, murid akan berinteraksi dengan teman sekelas, guru, dan mungkin orang tua, hal ini dapat meningkatkan keterampilan berelasinya

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Proses pengambilan keputusan ini akan membantu mereka mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap tindakan dan konsekuensinya.

 


  • Sebelumnya saya menganggap kesadaran diri sebagai konsep yang abstrak dan sulit diajarkan. Ternyata, setelah melihat RPP ini, saya menyadari bahwa kesadaran diri dapat diajarkan melalui berbagai aktivitas menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
  • Ide pembelajaran baru atau menarik yang akan saya terapkan yaitu mengenal macam-macam emosi melalui roda emosi Plutchik dan mempraktikkan kesadaran penuh
  • Sebelumnya, saya berpikir  manajemen diri hanya berfokus pada teknik-teknik mengatur waktu. Ternyata, dalam RPP  ini juga mencakup aspek yang lebih luas, seperti pengembangan keterampilan sosial, (emosi , perasaan, empati) pengambilan keputusan, dan mengatasi stres.
  • Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah bermain peran dengan pilihan skenario yang berisikan situasi-situasi umum yang dapat mendorong reaksi emosional siswa

 


  • Sebelumnya saya berpikir keterampilan berelasi hanya tentang kemampuan untuk berbicara dengan orang lain. Ternyata, keterampilan berelasi jauh lebih kompleks, melibatkan empati, mengungkapkan perasaan dan pikiran komunikasi non-verbal, manajemen konflik, dan kemampuan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan.
  • Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah mempraktikkan I-Messagge di kelas
  • Sebelumnya saya berpikir pengambilan keputusan yang bertanggung jawab hanya tentang memilih opsi yang paling logis. Ternyata, pengambilan keputusan melibatkan banyak faktor, seperti emosi, nilai-nilai, dan konsekuensi jangka panjang.
  • Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah mempraktikkan strategi POOCH di kelas

 

0 comments:

Posting Komentar