06 September 2024

,

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi ?

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar, kecepatan belajar, dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda.

Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan di kelas?

Menganalisis kebutuhan belajar dengan melakukan asesmen diagnostik (kognitif dan non kognitif)

  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan aspek kesiapan belajar murid, minat belajar murid dan profil belajar murid.
  • Melakukan asesmen/penilaian berdiferensiasi berdasarkan teknik penilaian: assesment for learning (penilaian selama proses pembelajaran), assesment as learning (penilaian sebagai pembelajaran), assesment of learning (penilaian akhir pembelajaran).
  • Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan dengan strategi pembelajran berdiferensiasi konten, proses dan produk.
  • Mengevaluasi dan merefleksikan pembelajaran untuk perbaikan kedepannya.
  • Mengimplementasikan rencana pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal

  • Melakukan pemetaan berdasarkan kebutuhan belajar murid yaitu:
  • Kesiapan belajar murid: guru melihat kesiapan belajar murid untuk mengetahui kemampuan murid dalam mempelajari materi, konsep atau keterampilan baru.
  • Minat murid: guru memberikan pilihan kepada murid untuk belajar sesuai dengan minatnya sehingga dapat meningkatkan motivasinya.
  • Profil belajar murid: guru memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya, kecerdasan majemuknya, pengaruh budaya dan lingkungannya.

Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal

 Menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu:

  • Diferensiasi konten: isi pembelajaran yang dipelajari oleh murid di kelas. diferensiasi konten dilakukan dengan menyesuaikan isi pembelajaran dengan tingkat kesiapan murid dan menentukan metode pembelajarannya melalui profil belajar murid.
  • Diferensiasi proses: aktivitas yang dilaksanakan murid selama pembelajaran. aktivitas murid sebaiknya dilakukan dengan menyesuaikan keterampilan yang dimiliki murid serta tingkat kesulitan dan cara pencapaian yang berbeda.
  • Diferensiasi produk: hasil dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. produk dalam pembelajaran diferensiasi bertujuan untuk mengukur kemampuan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman murid setelah menyelesaikan pembelajaran.

Bagaimana kaitan antara materi modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak?

 


Keterkaitan Antar Materi

Modul 1.1 Filosofi KHD

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada murid untuk meningkatkan potensi dirnya sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Pendidikan memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Modul 1.2 Nilai, Peran Guru Penggerak

Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh guru penggerak di antaranya Berpihak Pada Murid, Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif.

Peran guru penggerak mewujudkan kepemimpinan murid. Murid memiliki kepemilikan dan tanggung jawab atas pembelajarannya sendiri.

Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada murid untuk meningkatkan potensi dirnya sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Guru menerapkan Inkuiri Apresiatif dengan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi bersama, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi)

Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi salah satu strategi untuk mewujudkan visi guru penggerak yang berpihak pada murid.

Modul 1.4 Disiplin Positif

Disiplin positif dapat meningkatkan pengendalian diri dan mengajarkan murid untuk bertanggung jawab atas tindakannya.

Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Dalam proses pembelajaran berdiferensiasi harus ada kesepakatan kelas yang dibuat antara guru dan murid agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan budaya positif.

 


0 comments:

Posting Komentar