10 September 2024

,

Ruang Kolabarosi Sesi 1 Modul 2.2

 


Ruang Kolabarosi Sesi 1 Modul 2.2 ini dilaksanakan pada Jumat, 6 September 2024 pada pukul 15.00 s/d 17.20 WITA. Dalam Rukol ini kami mendiskusikan bersama kelompok mengenai

  1. Diskusikan dan susunlah 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan yang Anda ampu dan tuliskan dalam tabel 3.1. Anda dapat menggunakan prinsip ATM (amati - tiru dan modifikasi) dari  berbagai ide yang sudah Anda pelajari dalam modul maupun sumber lainnya sebagai referensi.
  2. Susunlah 2 (dua) ide penguatan pembelajaran 5  KSE untuk PTK

Ruang Koloborasi kali ini terbagi menjadi 4 kelompok dimana saya berada pada Kelompok 1 bersama guru-guru SMA/SMK. Kami berdiskusi tentang ide penerapan KSE di kelas/sekolah dan ide penguatan pembelajaran KSE untuk PTK.  Selama berdiskusi ide yang kami dapatkan langsung kami tuangkan pada canva yang dapat di kerjakan bersama-sama. Salah satu hasil diskusi yang kami sepakati yaitu Pada tabel 3.1 mengenai ide Implementasi  Pembelajran Sosial Emosional untuk murid KSE yang dikembangkan yaitu Kesadaran Diri dengan Bentuk Implementasi Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah : Membentuk Keyakinan Kelas dengan scenario Yang dilakukan guru: mengajak murid secara bersama-sama membentuk keyakinan kelas.

Yang dikatakan guru : “mari kita secara bersama-sama membentuk keyakinan kelas untuk kita yakini bersama sebagai bentuk perwujudan budaya positif di sekolah kitaKegiatan tersebut melibatkan seluruh murid dan wali kelas di masing - masing kelas. Kegiatan dilaksanakan di dalam kelas pada awal tahun ajaran baru. Perlengkapan yang dibutuhkan: papan tulis, spidol, post it, dan kertas manila/karton. Hingga waktu berakhir kelompok kami berhasil menyelesaikan sekitar 70% dan dilanjutkan pada hari berikutnya melalui WA group.

Akhir kegiatan ini sebelum ditutup kami mengisi papan refleksi dan review pembelajaran.



 

0 comments:

Posting Komentar